Saturday, March 14, 2009

MEMILIH KAMERA DIGITAL

Saat ini kamera digital bukan merupakan suatu barang langka yang wah lagi. Beda dengan saat pertama kali saya melihat kamera tersebut pada tahun 1997 saat bekerja di Proyek Pembangunan Corridor Block Gas Project milik Asamera di kecamatan Bayung Lencir – Muba. Sekitar bulan Agustus tahun tersebut, boss saya yang orang Jepang kembali masuk kerja setelah cuti selama satu bulan untuk pulang ke Jepang. Saat kembali masuk kerja itulah disamping dia membawa majalah dewasa untuk kawan-kawannya yang telah lama tidak pulang, dia juga membawa kamera digital. Kamera yang entah saya lupa mereknya itu masih menggunakan internal memory untuk menyimpan data gambar, baru kemudian ditransfer ke komputer. Hasil gambarnya cukup menakjubkan untuk ukuran saat itu, walaupun resolusinya hanya sekitar 1,4 mega pixel. Maklum saat itu masih dominan menggunakan kamera analog. Sehingga saat melihat kamera yang gambarnya bisa preview langsung di komputer menjadi takjub.
Salah satu tugas saya saat itu adalah mengambil photo progress pekerjaan untuk dijadikan laporan proyek. Setiap akhir bulan saya keliling ke empat lokasi proyek untuk mendapatkan photo-photo ini. Harapan saya, boss saya akan meminjamkan kamera digitalnya untuk saya gunakan. Wah, pasti keren pikir saya kalau saya cerita sama pacar (sekarang sudah jadi istri saya) bahwa saya menggunakan kamera digital. Perlu diingat, seperti tulisan saya diatas bahwa ini barang langka lho, new technologi, barang mahal karena dibawa langsung dari Jepang dan oleh orang Jepang pula (walaupun Jepangnya termasuk yang dekil).
Eh, ternyata harapan saya meleset. Saya disuruhnya tetap menggunakan kamera saku analog merk Nikon. Kamera digitalnya tetap dia pakai sendiri walaupun sumpah mati hasil photo saya jauh lebih bagus dari photonya.
Delapan tahun kemudian ternyata perkembangan kamera ini terasa begitu cepat. Dari yang resolusinya 1,4 MP melesat menjadi 8 MP, bahkan sudah ada yang 24 MP yang diluncurkan akhir tahun kemarin. Dari kamera prosumner sampai ke DSLR, bahkan handphone saja sudah dilengkapi dengan kamera digital dengan resolusi sampai 8 MP. Zaman sekarang kalau tidak punya kamera digital terasa seperti kuda gigit besi alias ketingggalan zaman.
Nah, kalau saat ini kawan-kawan punya dan ingin membeli kamera digital, bagaimana cara memilihnya?
Ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan dalam memilih kamera digital seperti dituliskan di bawah ini :
1. Tentukan dulu kamera digital ini akan diperlukan untuk apa. Kalau hanya untuk dokumentasi keluarga, disimpan dalam komputer saja atau akan dicetak hanya seukuran 4R, lebih banyak digunakan dalam kondisi yang bagaimana? Low ligh atau normal light? Nah kalau sudah tahu akan lebih banyak digunakan untuk apa baru kita bisa menentukan pilihan. DSLR pada umumnya punya kemampuan merekam gambar yang baik karena ukuran sensornya lebih besar dari kamera prosumer (pocket camera). Jadi kalau punya kamera prosumer 10 MP jangan bangga dulu, karena hasilnya tidak akan lebih baik dari kamera DSLR yang hanya 6 MP. Ingat sebagian besar kamera prosumer ada interpolasi pixel, sehingga kalau dicetak besar gambarnya kelihatan pecah-pecah. Jadi kalau hanya untuk dokumentasi keluarga pilih saja kamera prosumer yang harganya mulai dari 1,4jt – 4jt-an.
2. Tentukan lagi hobby kita motret apa? Kalau hobbinya motret artis mandi, yah sudah pasti diperlukan kamera dengan lensa panjang (tele lens) supaya tidak ketahuan. Dan fasilitas untuk ganti mengganti lensa ini yang tidak terdapat pada kamera prosumer. Kalau hobbinya motret alam maka diperlukan kamera dengan lensa pendek (wide lens), fasilitas ini terdapat juga pada kamera prosumer. Memotret artis mandi dengan lensa wide akan membuat gambarnya menjadi distorsi sehingga ada bagian tubuh yang tidak perlu besar malah kelihatan membesar, disamping juga bisa kena gampar artis yang bersangkutan karena lebih mudah untuk ketahuan.
3. Apakah ini hanya hobbi atau mau dijadikan bisnis? Kalau hanya menyalurkan hobbi dan punya uang terbatas, kamera prosumer sudah cukup. Tapi kalau mau dijadikan lahan untuk cari uang ya harus beli kamera DSLR. Di samping hasilnya akan lebih bagus karena gambarnya tidak pecah kalau dicetak besar, juga supaya konsumen percaya kalau kita motret dengan serius, atau juga supaya kelihatan seperti photographer profesional (walaupun mungkin saja photonya tetap jelek juga..he..he..)
4. Apakah kamera ini untuk investasi atau untuk digunakan sehari-hari? Kalau untuk investasi sebaiknya membeli emas, tanah atau rumah karena harganya tidak mungkin turun. Tetapi kalau untuk digunakan motret ya belilah kamera karena emas, tanah dan rumah bukan merupakan alat potret sehingga tidak bisa menghasilkan gambar.
5. Merk apa? Saat ini hampir semua kamera yang ada memiliki kemampuan yang bagus dan setara. Jadi bebas saja memilih merk sesuai dengan kondisi keuangan kita, asal jangan saja memilih merk yang baru terdengar. Usahakan membeli kamera yang memberikan garansi sehingga mudah untuk memperbaiki kalau terjadi kerusakan.
Saran terakhir, sebaiknya jangan percaya dengan para maniak merk kamera yang bilang ini bagus, itu bagus. Ingat pepatah “the man behind the camera” untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.
Selamat membeli kamera.

No comments:

Post a Comment